BURUNG JALAK BALI - Info Hewan

Berita Seputar Dunia hewan

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 12 Oktober 2018

BURUNG JALAK BALI

Jalak Bali serupa dengan burung Jalak Putih serta burung Jalak Suren


Info Hewan - Jalak Bali yang bernama asli Curik Bali Sekilas penampilannya burung ini serupa dengan burung Jalak Putih serta burung Jalak Suren, Burung Jalak Bali mempunyai beberapa ciri spesial, salah satunya mempunyai bulu yang putih di semua tubuhnya terkecuali pada ujung ekor serta sayapnya yang berwarna hitam.

Mata burung Jalak Bali berwarna coklat tua, daerah seputar kelopak mata tidak berbulu dengan warna biru tua, Burung Jalak Bali memiliki jambul yang indah, baik pada type kelamin jantan ataupun pada betina, Jalak Bali memiliki kaki berwarna abu-abu biru dengan 4 jari jemari (1 ke belakang serta 3 ke depan).

Paruh runcing dengan panjang 2 - 5 cm, dengan bentuk yang ciri khas di mana di bagian atasnya ada peninggian yang memipih tegak. Warna paruh abu-abu kehitaman dengan ujung berwarna kuning kecoklat-coklatan.

Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) dengan nama lokal Curik Putih, adalah salah satunya satwa yang terancam punah serta endemik yang berada di Indonesia persisnya di pulau Bali, dengan sebaran terluasnya pada Bubunan Buleleng sampai ke Gilimanuk, akan tetapi pada sekarang ini hanya terbatas pada lokasi Taman Nasional Bali Barat persisnya di Semenanjung Prapat Agung serta Tanjung Gelap Pahlengkong yang habitatnya bertipe rimba mangrove, rimba pantai, rimba musim serta savana.

Di habitat aslinya, jalak bali begitu riskan perburuan untuk jadikan Hewan Peliharaan hingga populasinya diprediksikan tinggal belasan. Diluar itu, rusaknya lingkungan yang masih tetap berlangsung di Taman Nasional Bali Barat ikut menghalangi perkembangan populasi burung ini. Tidaklah heran jika survey paling baru yang dikerjakan awal tahun 2005 cuma temukan lima ekor jalak bali di alam.

Musim kawin jalak bali umumnya berjalan Oktober-November, mereka membuat sarang di pohon-pohon dengan tinggi kurang dari 175 cm. Mereka senang semak-semak serta pohon palem dalam tempat terbuka, bersebelahan dengan lokasi rimba yang rimbun serta tertutup. Bahkan juga, di waktu lantas seringkali didapati jalak bali yang membuat sarang di perkebunan kelapa dekat permukiman masyarakat.

Kesukaannya hidup dalam tempat terbuka ini juga yang membuat mereka gampang diamankan di alam.Untuk kembalikan populasi jalak bali, bukan sekedar penangkaran yang dikerjakan tapi ikut usaha penyelamatan serta penjagaan rimba sebagai habitatnya.

1 komentar:

  1. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages